Usus Buntu ( Appendicitis )

Usus buntu / Appendicitis

Usus buntu / Appendicitis

Usus Buntu ( Appendicitis )

Usus Buntu - Jika nyeri perut sebelah kanan bawah, hati- hatilah mungkin itu gejala usus buntuAppendicitis atau usus buntu merupakan salah satu penyebab sakit perut serius. Hal ini terjadi ketika usus buntu / Apendix, bagian dari usus besar, menjadi terinfeksi dan meradang. Para ahli tidak tahu apa yang usus buntu lakukan bagi tubuh, tetapi dalam seluruh hidup manusia, usus buntu tidak menyebabkan masalah. Sekitar 8 dari 100 orang akan mendapatkan usus buntu selama hidup mereka. Hal ini paling umum pada orang usia 10 hingga 30, tetapi bisa terjadi pada usia berapa pun.

Gejala Usus Buntu

Gejala utama radang usus buntu adalah sakit perut. Banyak orang merasakan sakit pertama di dekat pusar tengah. Kemudian bergerak ke sisi kanan bawah perut. Tapi rasa sakit bisa dalam berbagai bagian perut Anda atau bahkan di sisi perut atau punggung. Rasa sakit dapat bertambah buruk jika Anda bergerak, berjalan, atau batuk. Anda mungkin juga demam atau merasa sakit perut. Terkadang satu-satunya gejala adalah perasaan umum tidak baik dan rasa sakit yang sulit untuk digambarkan. Rasa sakit di perut Anda mungkin berbeda daripada rasa sakit yang pernah dimiliki sebelumnya. Karena diagnosis tidak selalu mudah untuk diketahui, sangat penting untuk mendatangi dokter saat telah terjadi gejala. Dalam beberapa kasus, radang usus buntu tidak menimbulkan gejala apapun kecuali untuk sakit perut. Jika Anda memiliki sakit perut moderat yang tidak hilang setelah 4 jam dan bertambah parah, hubungi dokter.

Penyebab Usus Buntu

Hingga saat ini penyebab usus buntu masih menjadi misteri. Namun para pakar percaya bahwa usus buntu terjadi akibat adanya infeksi. Dalam banyak kasus, sebuah benda kecil (seperti sepotong keras tinja) membuka blok ke apendiks, kemudian bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Diagnosis Usus Buntu

Biasanya dokter akan mengajukan pertanyaan tentang gejala yang Anda miliki, sebelum dan sesudah nyeri perut terjadi. Penyakit dapat ditemukan setelah menekan perut, untuk menentukan posisi sakit. Menyebutkan gejala yang dialami saja tidak cukup. Untuk memastikan, Anda membutuhkan tes lain seperti USG atau CT Scan.

Pengobatan Usus Buntu

Satu-satunya pengobatan untuk radang usus buntu adalah operasi untuk menghapus lampiran Anda (usus buntu). Jika Anda memiliki usus buntu dan tidak melakukan operasi dalam waktu secepatnya, usus buntu Anda dapat meledak. Sebuah apendiks yang pecah dapat menyebabkan masalah serius. Ada berbagai jenis operasi untuk usus buntu. Dokter bedah Anda dapat beroperasi melalui potongan besar (insisi) di perut Anda atau menggunakan alat yang disebut laparoskop untuk menghapus lampiran Anda melalui sayatan yang lebih kecil. Ada keuntungan dan kerugian untuk setiap jenis operasi. Bicarakan dengan dokter bedah Anda tentang jenis yang terbaik untuk Anda. Jika usus buntu Anda tidak meledak, Anda akan perlu antibiotik. Pembedahan untuk mengangkat usus buntu yang pecah mungkin lebih rumit.

Pencegahan Usus Buntu

Tidak ada cara pasti untuk mencegah usus buntu. Namun berdasarkan fakta yang terjadi, usus buntu jarang terjadi pada orang yang mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayuran.

Usus Buntu ( Appendicitis ) | Admin | 4.5