Tips Memodifikasi Mobil

Modifikasi mobil

Modifikasi mobil

Tips Memodifikasi Mobil - Siapa yang tidak mau meningkatkan tampilan dari mobil yang anda gunakan sehari- hari. Secara tidak langsung mobil mencerminkan kepribadian dan style dari pemilik mobil itu sendiri. Sebelum memodifikasi mobil anda sebaiknya anda menyiapkan budget terlebih dulu. Untuk hasil yang maksimal sesuaikan budget anda dengan onderdil yang akan anda beli. Berikut ini tips memodifikasi mobil :

Knalpot

Gambar macam- macam Knalpot

Gambar macam- macam Knalpot

Dengan mengaplikasikan knalpot atau saluran gas buang sisa pembakaran diganti dengan knalpot racing dapat mendongkrak tampilan bagian belakang sekaligus meningkatkan performa mesin. Karena fungsi dari kenalpot racing adalah membebaskan hambatan, sehingga gas terbuang dengan lancar, dengan syarat system pembuangannya harus dimodifikasi (header, saluran pipa, tabung silencer sampai tail pipe) agar hasilnya maksimal. Model tail pipe boleh bulat, kotak, oval sesuai dengan style dan gaya yang diinginkan.

Rem

Rem mobil

Rem mobil

Piranti rem sangat dominan fungsinya. Karena apabila laju kendaraan semakin meningkat harus di imbangi performa dari sistem pengereman. Yang perlu diingat minyak rem, kampas rem, rem cakram, caliper, selang rem. Jangan mengganti komponen salah satu saja, semua harus diupgrade secara bersamaan dan disesuaikan kualitasnya.

Ban

Kondisi ban

Kondisi ban

Ban merupakan sepatu mobil. Carilah ban yang kualitasnya baik, daya cengkeram ke aspal yang tinggi. Apabila anda senang dengan memacu kendaraan anada, maka pilihlah ban dengan tapak yang lebar, jangan terlalu tipis karena mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Suspensi

Suspensi

Suspensi

Suspensi memegang peranan penting dalam menjaga kesetabilan mobil saat melaju. Sebagai peredam goncangan. Mampu memberikan efek dinamis dan dramastis juga sporty. Apabila anda suka tampilan mobil ceper sebaiknya memakai barang yang orisinal karena performa tidak diragukan lagi. Jangan lupa tambahkan strut bar untuk mengurangi getaran pada setir kemudi. Strut bar juga memberi tampilang yang bagus pada ruang mesin.

Velg racing

velg racing

velg racing

Velg bisa membuat tampilan mobil menjadi berbeda, membeli velg mobil sama dengan membeli sepasang sepatu yang pas di kaki. Sebenarnya velg dari pabrikan atau OEM (Original Equipment Manufacture) sudah teruji standard keamanannya. Namun apabila Anda ingin mobil terlihat Melih velg sporty, Anda bisa memilih velg dengan desain balap atau racing look. Anda bisa juga memilih velg yang berkesan elegant, gunakan velg yang bermotif mewah. Ada beberapa kriteria dalam memilih velg yang harus diperhatikan:
- Perhatikan pola baut pada mobil Anda, Ada dua jenis pola baut yang umum digunakan pada mobil sedan yaitu 5 X 114 atau 4 x 100. Namun tak tertutup kemungkinan ada produsen atau produk luar yang menggunakan pola baut yang berbeda.
- Perhatikan offset atau jarak antara garis tengah roda dan bidang permukaan hub-pemasangan roda. Semakin tinggi atau positif offsetnya, velg mobil akan terlihat celup ke dalam fender. Dan sebaliknya semakin rendah atau negative offsetnya, Roda akan terlihat keluar dari fender. Umumnya velg original memiliki offset positif agar terhindar dari gesekan pada bibir fender.

Lampu

cara memilih lampu mobil

cara memilih lampu mobil

Jika lampu kendaraan anda tidak dilengkapi dengan lampu jenis HID (High Intensity Discharge) yang memancarkan warna putih terang. Pastikan daya atau ukuran watt sama yang standard pabrikan. Jika wattnya terlalu besar bisa meningkatkan resiko kebakaran.

Body kits
Pemasangan body kit dapat meningkatkan tampilan ekterior mobil anda. Body kit meliputi tampilan bumper depan dan belakang, side skirt, difuser dan spoiler. Biasanya dari bahan fiber (poli- uretan). Bahan tersebut ringan, murah dan tahan lama. Misalnya diffuser vortex.

Cat body
Perbaiki cat mobil anda yang sudah usang, perbaiki baret- baret dan bercak pada cat mobil. Pilih cat yang berkualitas bagus dan tahan lama.

Kaca film
Pilih kaca film yang memantulkan sinar ultraviolet yang bisa mengurangi panas didalam kabin mobil. Sehingga performa AC mobil bisa maksaimal. Pilih kaca film yang tebal 40%-80% karena panas berlebih bisa merusak dasboard dan komponen elektrik dalam mobil.

Audio

Car audio

Car audio

Bagi anda yang suka berkendara, kabin mobil dengan kualitas sistem audio yang asik didengar tentu menjadi kebutuhan primer. Daripada bingung memilih sistem audio yang bakal disematkan pada mobil anda, berikut ada panduan ringan seputar memilih audio.

Pertama, adalah pilih sistem berdasarkan tingkat kinerjanya. Hal ini dibutuhkan jika anda adalah orang yang benar-benar menggemari satu aliran musik. Contohnya, jika anda penggemar musik rap silakan memilih sistem dengan suara bass bagus. Namun justru kebalikannya, jika anda pecinta musik klasik.
Selanjutnya, pilih sistem audio dengan pilihan input beragam. Pilihan sistem ini yang mungkin untuk menyetel CD kegemaran anda, atau menggunakan port USB dan iPod untuk mendengarkan musik. Input tambahan ini akan sangat berguna saat anda bepergian ditempat yang tak memiliki frekuensi radio baik, atau saat tak ada channel radio yang diminati.
Lalu, jangan lupakan fitur ekstra. Meski terlihat remeh, tapi tambahan remot kontrol, cahaya iluminasi yang apik dan detail kecil lain akan menarik perhatian anda saat berkendara.
Terakhir, pilih tata suara kabin dari merek terpercaya. Kualitas suara dan keawetan produk memang berpengaruh dari produk apa yang kita pilih. Jadi saat memilih, jangan hanya tertarik dengan fitur lengkap dan harga murah saja.

DVD player
Perjalanan akan singkat bila penumpang dimanjakan dengan layar LCD dibelakang jok. Mulailah dimobil dengan menonton film, siaran TV, bahkan bermain game.

Pelapis jok
Ganti Jok anda dengan bahan dari kulit. Selain mengubah tampilan mewah juga lebih mudah dibersihkan dan tidak menyerap kotoran.

Aksesoris mobil
Ada beberapa macam aksesoris aftermarket dari mulai meter indikator (gauge) ban sampe setir. Aksesori model setir yang racing, tuas persneling (gear knob), rem tangan atau hand brakes, pedal gas dan rem kaki yang memberikan tampilan berbeda di dalam atmosfer kabin mobil anda.

Perawatan mobil
Terakhir penentu kesemuanya adalah bagaimana anda merawat mobil kesayangan. Betapapun sudah sempurna tampilan mobil namun bodynya terlihat kusam akan tampak biasa- biasa saja. Nah untuk itu lakukan perawatan mobil secara berkala. Di bengkel salon biasanya terdapat paket perawatan interior maupun ekterior bahkan kombinasi keduanya.

Tips Memodifikasi Mobil | Admin | 4.5