Tips Memilih Sepeda Motor

Tips cara memilih motor

Tips cara memilih motor

Tips Memilih Sepeda Motor yang pas - Sebuah sepeda motor yang pas untuk kita pastinya lebih nyaman untuk digunakan, lebih mudah untuk dikontrol, aman untuk digunakan, dan akhirnya lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Sebuah sepeda motor harus sesuai tubuh pengendara, jadi tangan, kaki dan bagian belakang diposisikan dengan nyaman + semua tombol dan tuas yang mudah dioperasikan. Demikian pula memilih motor harus sesuai dengan tujuan penggunaan dan tingkat pengalaman.

Produsen sepeda motor telah membuat beberapa jenis motor: sport, touring, sport touring, penjelajah (cruiser), standar, dan tujuan ganda (multi purpose), yang bisa kita pilih.

Berikut adalah kriteria dasar untuk mempertimbangkan, dan beberapa petunjuk untuk mendapat motor yang pas dikendarai atau nantinya ingin dimodifikasi:

Tangan

Tombol harus mudah dicapai dari ujung jari.
Hal yang sama berlaku untuk rem depan dan tuas kopling. Bagaimana sudut kemiringan sehingga jari-jari Anda dapat meraih dengan mudah? Mereka mungkin dapat diputar ke posisi yang lebih baik. Juga, apakah mereka cukup dekat untuk dijangkatu dengan beberapa jari? Jika mereka yang dapat disesuaikan, aturlah agar mudah dijangkau.
Jika Anda tidak bisa mendapatkan posisi sesuai, produk aftermarket mungkin memiliki pilihan untuk Anda.

Kaki

Rem belakang harus mudah untuk diinjak, dan transmisi harus dioperasikan tanpa harus mengangkat atau menggeser kaki Anda dari dudukan, atau jari kaki Anda menjangkau terlalu jauh ke atas atau bawah.

Perlu diketahui bahwa makin maju kaki Anda, semakin berat badan Anda akan didukung oleh bagian belakang Anda. Semakin kaki Anda lebih ke belakang, kemungkinan rasanya akan semakin nyaman, tetapi Anda harus menekuk kaki lebih banyak.

Sadel/Pelana

Pelana ini mempengaruhi seberapa baik kaki Anda mencapai tanah, dan bagaimana Anda diposisikan relatif terhadap setang dan dudukan kaki.

Tinggi sadel seharusnya membuat Anda mampu menyentuh bumi dengan dengan kedua kaki. Beberapa pengendara belajar menyentuh bumi hanya satu kaki pada suatu waktu, tetapi ini kurang optimal dan harus dihindari jika memungkinkan. Jika perbedaan dekat, pelana kustom lebih rendah bisa membuat perbedaan.

Kesimpulan

Memilih motor yang pas bisa jadi sebuah tebak-tebakan. Banyak orang sudah pas dengan konfigurasi standar dari produsen, tapi mungkin Anda bisa menemukan ketidaknyamanan, atau merasa canggung sehingga tidak bisa menggunakan motor sebaik harapan Anda.

Tiga titik utama – tangan, kaki, dan sadel – semua saling berhubungan, dan ada kemungkinan penyesuaian untuk masing-masing sesuai kebutuhan atau keinginan.

Mengetahui pilihan Anda di muka dapat mencegah Anda memilih sepeda motor yang salah, juga memberikan jaminan bahwa Anda dekat dengan sepeda motor yang optimal (pas) untuk Anda.

Tips Memilih Sepeda Motor | Admin | 4.5