Resep Bumbu Sate Ayam Madura

Resep sate ayam

Resep sate ayam

Resep bumbu sate ayam madura - Sate Madura adalah sate khas Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan arang batok kelapa. Rasanya gurih tapi dipantangkan kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut.

Bahan untuk resep membuat sate ayam

Ayam tanpa tulang dan kulit sebanyak 1 kg dipotong membentuk dadu kotak.
Kecap manis sebanyak 150 ml
Jeruk limau sebanyak 2

Bahan bahan bumbu kacang

Kacang tanah yang sudah digoreng sebanyak 250 gr
Cabai merah sebanyak 2 (atau menurut selera)
Bawang merah sebanyak 5
Bawang putih sebanyak 4 siung
Kecap manis sebanyak 100 ml
Daun jeruk sebanyak 2 lembar
Air sebanyak 500 ml
garam secukupnya

Cara membuat bumbu sate ayam madura

Bawang merah, garam, kacang tanah, bawang putih, serta cabai merah dicampur dan dihaluskan.
Lalu tambahkan kecap, daun jeruk, dan air. Masak hingga matang hingga keluar minyak, dan baunya sudah tercium dan harum.

Langkah bagaimana cara memasak sate ayam madura

  1. Daging ayam ditusuk dengan tusuk sate. Tiap tusuknya berisi 5 hingga 6 potongan daging.
  2. Lalu lumuri dengan kecap dan bumbu kacang hingga merata.
  3. Kemudian dibakar di atas bara arang yang telah disiapkan, dan dibolak-balik hingga berubah warna. Saat sate setengah matang, beri sedikit bumbu dan kecap lagi, jika sudah matang lalu diangkat.
  4. Anda juga bisa menambahkan air jeruk limau, disiram di atas sate. Ditambah mentimun yang dicincang dicampur dengan bawang merah dan cabe rawit sebagai lalapnya.
  5. Hidangkan dan tuangkan bumbu kacang yang sudah dibuat tadi.
  6. Dinikmati selagi hangat akan menambah kenikmatan santap makan anda. Semoga resep bumbu sate ayam madura bermanfaat bagi anda
Resep Bumbu Sate Ayam Madura | Admin | 4.5