Perawatan Power Steering

Perawatan power steering

Perawatan power steering

Perawatan power steering – Hampir semua mobil keluaran baru saat ini pasti dilengkapi dengan fitur power steering. Ini sangat membantu dan mempermudah dalam mengendalikan mobil saat berjalan. Jaman dahulu mobil belom dilengkapi dengan fitur ini, sehingga saat belok setir terasa berat dan bahkan saat belok setir tidak bisa kembali secara otomatis. Sehingga diperlukan tenaga yang banyak untuk memutar setir kemudi. Kalau perjalanan jarak dekat mungkin ini tidak akan menguras tenaga, tapi ini sangat terasa capek ketika menempuh jarak yang jauh. Maka dari itu untuk mengurangi kerusakan yang besar dan mengurangi masalah saat perjalanan jauh sebaiknya kita merawat power steering mobil secara berkala. Berikut ini tips perawatan power steering :

  1. Cek rutin oli power steering secara teratur. Jangan sampai oli power steering menguap dan kering. Jika sudah berada pada level low atau sudah menurun dari level high segeralah lakukan isi ulang. Karena jika sampai oli kering akan menyebabkan kerusakan seal dan komponen power steering itu sendiri. Karena selain fungsinya melumasi saat melakukan manuver, oli juga berfungsi mengurangi panas.
  2. Jangan mengisi oli power steering dengan oli yang beda jenis dan kekentalannya.
  3. Jangan melakukan belokan penuh. Saat manuver ke kiri dan kekanan usahakan jangan melakukan manuver yang maksimal karena bisa menyebabkan gesekan pada mesin komponen yang sangat besar. Bisa menimbulkan panas dan keausan gigi- gigi dan komponen.
  4. Cek timming belt pada komponen power steering. Jika belt sudah retak- retak segera ganti. jangan menunggu sampai putus. Karena saat putus komponen akan saling bertubrukan dan berbenturan mengakibatkan kerusakan yang meluas.
  5. Jangan menerjang lobang. Jika ada lobang dijalan sebaiknya kurangi kecepatan. Karena jika terjadi getaran yang besar akan mengurangi kencangnya stir dan keausan kaki- kaki

Demikanlah tips cara merawat power steering. Kenakan sabuk pengaman saat berkendara.

Perawatan Power Steering | Admin | 4.5