Penyakit Diabetes dan Pencegahannya

Diabetes dan pencegahannya

Diabetes dan pencegahannya

Penyakit Diabetes dan Pencegahannya

Untuk mencegah Diabetes Mellitus yang sangat penting  adalah pengendalian gula darah, tekanan darah, memperbaiki profil tekanan darah, memperbaiki profil lemak darah. Jika anda merokok, berusahalah berhenti dari kebiasaan merokok. Perbanyaklah melakukan aktivitas fisik (olahraga) untuk dapat menjaga berat badan dan mengatur pola makan.

Berat badan yang penting dijaga agar Indeks Massa Tubuh berada dalam kisaran normal (18,5- 22,9 kg. Begitu juga dengan lingkar perut, normalnya lingkar perut seorang pria ukurannya kurang dari 90 cm dan wanita normalnya kurang dari 80 cm

Usahakan juga untuk mengatur menu makanan yang anda konsumsi. Kurangi konsumsi lemak dari <25% dari total kalori harian. Lakukan konsultasi berjangka pada ahli gizi untuk lebih mengetahui sehat dan kebutuhan sehari- hari.

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan rendah lemak, perbanyak  makanan yang berserat seperti sayuran dan buah, juga perbanyak minum air putih. Untuk mengkonsumsi makanan anda perlu memperhatikan takaran dan porsinya. Ada aturan 3 J yaitu Jadwal, Jumlah, dan Jenis antara lain :

  1. Jadwal. Bagi penderita penyakit diabetes permasalahan utama adalah akumulasi glukosa yang temporer atau kadang rendah (hipoglikemik) dan kadang tinggi, hal ini dipengaruhi oleh jadwal makan yang kurang tepat. Penderita diabetes harus disiplin dalam mengatur jadwal makan, dibagi dalam 6 waktu makan 3 untuk makan besar (pagi, siang dan sore) 3 waktu makan ringan yaitu diantara  waktu tersebut
  2. Jumlah. Perlu memperhatikan makanan bagi penderita penyakit diabetes dan pencegahannya adalah menjaga jumlah porsi makanan yang dimakan. Tidak perlu makan secara berlebihan, cukup dengan porsi kecil dan sering. Pada prinsipnya adalah total kebutuhan kalori untuk satu waktu makan terpengaruhi hingga masuk jadwal makan berikutnya. Contoh, satu porsi makan kecil sarapan mencukupi kalori sehingga jadwal makan ringan berikutnya misalnya jam 10 pagi dan seterusnya
  3. Jenis. Beberapa makanan tertentu mempengaruhi kecepatan naiknya kadar gula darah sehingga kita perlu berhati- hati dalam memilih menu, umunya yang bersumber dari karbohidrat seperti nasi, gandum, dan produk olahan seperti mie instan, roti, dst. Semuanya itu merupakan contoh dari makanan yang cepat menaikkan kadar gula darah. Jadi makananlah hanya dalam porsi kecil saja atau perlu dihindari. Jenis yang disarankan adalah golongan sayuran dan buah- buahan atau makanan yang kaya akan serat.

Kesehatan akan menjadi sangat mahal harganya ketika kita sakit, oleh karena itu langkah yang paling aman adalah tetap menjaga tubuh kita sehat, namun bila ada anggota keluarga kita yang menderita penyakit diabetes dan pencegahannya tentu saja sudah kita pahami.

Penyakit Diabetes dan Pencegahannya | Admin | 4.5