Orchitis

Orchitis - Orchitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis, umumnya peradangan ini dikaitkan dengan virus yang menyebabkan gondok. Setidaknya sepertiga dari laki-laki yang mengalami gondok setelah pubertas juga mengalami Orchitis. Penyebab lain Orchitis, adalah penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore atau klamidia.

Bakteri Orchitis sering karena epididimitis, suatu peradangan epididimis di bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Dalam hal ini, ini disebut epididimo-orkitis. Pembengkakan dan nyeri yang paling umum adalah tanda-tanda dan gejala orkitis.

Orchitis sering disebut dengan “testis sakit” dan “selangkangan sakit” kadang-kadang digunakan secara bergantian. Tapi selangkangan sakit terjadi pada lipatan kulit antara paha dan perut –bukan di testis. Sedangkan penyebab nyeri selangkangan berbeda dari penyebab nyeri testis.

Gejala
Gejala Orchitis bisa muncul tiba-tiba, gejala tersebut antara lain:
* Bengkak pada salah satu atau kedua belah testis
* Nyeri mulai dari ringan sampai parah
* Mual
* Demam
* Perubahan penis
* Darah saat ejakulasi

Perawatan
Perawatan untuk virus orkitis yang berhubungan dengan gondok, ditujukan untuk menghilangkan gejala. Dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit, non-steroid anti-inflammatory drugs, seperti ibuprofen (Advil, Motrin, others) atau naproxen (Aleve, orang lain), dan merekomendasikan istirahat di tempat tidur, atau mengangkat skrotum.

Selain langkah-langkah untuk menghilangkan rasa tidak nyaman, bakteri orkitis dan epididimo-orkitis memerlukan perawatan antibiotik. Jika penyebab infeksi berkaitan dengan PMS, pasangan seksual (istri/suami) juga harus mendapatkan perawatan.

Orchitis | Admin | 4.5