Menghilangkan Kusam di Mika Lampu Mobil

Memoles mika lampu mobil

Memoles mika lampu mobil

Menghilangkan kusam di mika lampu mobil

Cara membersihkan lampu mobil yang kusam – Lampu mobil peranannya sangat vital dalam berkendara. Warna kuning atau gelap di mika lampu depan akan menghilangkan fungsi dari pencahayaan mobil. Kusam yang terdapat di mika lampu mobil bisa dihilangkan dan bisa bening kembali. Fungsi lampu depan antara lain yaitu sebagai penerangan pada saat jalanan mulai gelap, memberi signal atau kode dengan pengendara yang berlawanan arus, sebagai pendukung bentuk elegan sebuah mobil atau aksesoris pendukung style mobil. Jika mika lampu mobil mulai kusam dan sudah tidak bening lagi tentu saja akan menurunkan performa dan tampilan mobil anda. Yang semula lampu jernih akan menjadi redup dan tampilan mobil anda juga semakin usang dan jelek. Mika di lampu mobil akan mulai kusam karena ada beberapa faktor antara lain :

  • Penggunaan bohlam lampu yang terlalu wattnya besar. Standart pabrikan menggunakan 50- 60 watt jangan melebihi itu karena bisa membuat panas berlebih di dalam ruangan lampu dan membuat mika cepat menguning.
  • Sering memparkir kendaraan di tempat panas di bawah terik matahari
  • Jarang mekindungi dengan wax atau memoles lampu kaca depan

Untuk mengatasi kaca mobil yang kusam tidak perlu membeli kaca atau bahkan membeli lampu baru, karena kaca lampu yang buram dan menguning tersebut bisa dibersihkan dirumah. Cara menghilangkan kusam pun cukup mudah tidak perlu ke bengkel, dirumah dengan alat seadanya pun bisa.

Perlengkapan yang disiapkan :

  1. Amplas ukuran 1000, 1500, atau 2000
  2. Odol / pasta gigi yang berwarna putih merk pepsodent
  3. Kompon merah dan kompon putih
  4. Shampoo mobil
  5. Wax mobil
  6. Kain catton
  7. Mesin poles kalau ada jika tidak ada, bisa menggunakan manual saja

Langkah cara menghilangkan kusam di lampu mobil :

  1. Agar leluasa lampu bisa dilepas terlebih dahulu, jika dirasa ribet lapisi dengan selotip body mobil yang dekat dengan agar terhindar dari baret baret akibat menggunakan ampelas. Gosok memutar kaca lampu depan dengan menggunakan amplas yang sudah dicelupkan kedalam air yang sudah dicampur dengan shampoo mobil, bila tidak ada shampoo mobil gunakan shampoo biasa juga bisa asal jangan sabu colek, karena dapat menambah baret parah kondisi lampu depan.
  2. Bilas lampu yang telah diamplas dengan air. Lalu di lap dan keringkan dengan kanebo
  3. Ambil pasta gigi, leletkan ke seluruh permukaan  mika kaca mobil. Gosoklah dengan berputar menggunakan kain katun secara merata
  4. Campur kompon merah dan putih, lalu gosokkan kembali kepermukaan kaca lampu tadi dengan menggunakan amplas lagi. Pastikan compon merah dan putih sudah tercampur secara merata, hal ini dilakukan agar tidak merusak coating (lapisan) yang terdapat pada mika lampu mobil
  5. Gunakan swirl remover untuk menghilangkan baret yang mungkin tercipta akibat penggunaan amplas tadi. Namun jika tidak ada bisa mengulangi dengan kompon putih sampai dirasa mika sudah halus. Atau gunakan mesin poles biar praktis. Usahakan saat menggosok dengan amplas jangan terlalu kasar agar tidak baret.
  6. Lapisi kaca lampu mobil yang telah dibersihkan dengan wax, wax biasanya terdapat pada obat poles atau pengkilap cat mobil. Setelah mika mobil diolesi wax secara merata lanjutkan dengan menggunakan mesin poles bila tidak punya dengan di lap manual dengan kain katun bersih
Menghilangkan Kusam di Mika Lampu Mobil | Admin | 4.5