Mengatasi Ketiak Hitam

Penyebab ketiak hitam

Penyebab ketiak hitam

Mengatasi Ketiak Hitam - Memiliki ketiak hitam bukan impian tiap wanita. Rasanya akan sangat menyebalkan jika mengenakan tank top atau gaun malam hitam tanpa lengan dengan ketiak hitam di lengan.
Jangan anggap sepele ketiak hitam ini, karena akan mengganggu rasa percaya diri dan penampilan Anda. Penyebab dari ketiak hitam ini dikarenakan dengan kebiasaan menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencabut atau mencukur. Faktor bau dan risih karena memiliki bulu adalah satu alasan mengapa bulu di ketiak harus dihilangkan.
Tapi kebiasaan menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut akan menimbulkan bekas luka atau akan menimbulkan peradangan yang membuat bulu ketiak bisa menjadi lebih hitam dari warna aslinya.
Bila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka lama kelamaan sel-sel yang meradang itu menumpuk pada kulit ketiak dan berubah warna menjadi hitam.
Selain faktor di atas, menurut dr. Alamsah Agus, SpKK, dari RS Persahabatan Jakarta, banyak faktor yang membuat kulit ketiak terlihat gelap antara lain gesekan kulit dengan pakaian, karena pakaian yang dikenakan tidak sesuai dan berbahan keras seperti jeans.
Atau karena pemakaian deodorant atau bedak di ketiak yang mengandung wewangian sehingga dapat memicu perubahan warna. Sisa-sisa bedak dan deodorant yang tertinggal di ketiak diubah oleh bakteri di ketiak, sehingga memicu perubahan warna ketiak.
“Faktor hormonal juga bisa mempengaruhi kondisi kulit. Misalnya saja pada ibu hamil yang mengalami penggelapan di beberapa bagian tubuh seperti leher dan ketiak, serta perubahan pola hidup yang menyebabkan hormon meningkat,” kata Alamsah.
Ada beberapa treatment modern dan herbal yang bisa mengembalikan kondisi kulit ketiak Anda seperti semula.

Berikut beberapa treatment yang dapat Anda lakukan secara aman agar kulit ketiak Anda berkurang hitamnya.

  • Campuran lemon dan mentimun.

Buah lemon mengandung asam yang mampu mencerahkan kulit serta mengandung vitamin A, C, B1, B2 dan B3. Sedangkan mentimun mengandung vitamin E yang mampu meregenerasi kulit dari dalam.
Caranya, buah lemon diperas dan ambil sarinya, kemudian dicampurkan dengan parutan mentimun, lalu aduk rata. Balurkan pada ketiak dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Atau bisa juga lakukan dengan cara jeruk lemon diiris tipis, lalu letakkan di permukaan kulit ketiak selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat agar pori-pori ketiak kembali normal.

Rumput laut bermanfaat untuk menghaluskan permukaan kulit dan menambah elastisitas kulit, sehingga ampuh mengatasi kulit kasar. Sementara ekstrak bengkuang berfungsi untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata dan mencerahkan kulit.
Caranya, rumput laut dikeringkan, lalu dihaluskan dengan alat tumbuk hingga menjadi butiran yang sangat lembut.
Bengkuang diparut, kemudian diperas airnya hingga menghasilkan air yang sangat banyak. Diamkan selama satu malam, untuk memisahkan air bengkuang dengan ekstrak. Ekstrak bengkuang kemudian dijemur hingga kering.
Ambil masing-masing dua sendok makan ekstrak rumput laut dan bengkuang. Campurkan dengan air melati. dan balurkan langsung secara merata ke bagian kulit ketiak yang gelap, biarkan selam 20 menit.

  • Menggunakan Lufah

Agar terhindar dari warna gelap ini, Anda perlu melakukan perawatan satu atau dua kali selama sepekan di bagian ketiak. Caranya, dengan menggosok area ketiak menggunakan lufah, yakni sikat lembut dari bahan alami, seperti selongsong buah oyong kering yang bisa membantu Anda mengelupaskan sel kulit mati.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk-produk perawatan kulit khusus yang dirancang untuk membersihkan dan mengelupaskan sel kulit mati di area ketiak. Setelah mencuci ketiak, biarkan area ini benar-benar kering dan hindari memakai deodoran secara langsung sehingga pori-pori kulit di area ketiak Anda memiliki kesempatan untuk bernapas.

  • Pastikan juga bahwa Anda menggunakan pisau cukur baru dan tajam, dan jangan pernah menggunakan pisau tumpul. Mencukur di kamar mandi adalah cara terbaik untuk membuat ketiak Anda bebas bulu. Dengan mencukur di malam hari, Anda bisa menghindari banyaknya keringat yang keluar seperti pada siang hari. Gabungan antara keringat walaupun sedikit, bersama dengan zat kimia dalam deodoran dan luka kecil menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat pori-pori kulit tersumbat.
  • Pengelupasan kulit secara teratur dapat membantu Anda terhindar dari ancaman ketiak hitam. Dengan pengelupasan lapisan sel-sel kulit mati, maka ketiak Anda tidak akan begitu gelap. Jika Anda ingin menghilangkan bulu ketiak secara permanen, tanpa bekas noda atau cacat maka Anda bisa mencoba perawatan khusus dengan menggunakan laser hair removal.

Satu hal yang harus diingat menurut dr. Alamsah, sebelum memulai perawatan ketiak adalah dengan melihat kondisi kulit ketiak. Apakah ada peradangan atau tidak. Jika terdapat peradangan kulit, sebaiknya lakukan perawatan terlebih dahulu.
Pasalnya, jika tidak dilakukan perawatan akan menimbulkan peradangan yang baru. Selain itu harus disadari kalau kulit ketiak tergolong kulit yang sensitif, jadi harus pandai-pandai memilih perawatan yang aman

Mengatasi Ketiak Hitam | Admin | 4.5