Mencegah Asam Urat

Asam urat ditangan dan kaki

Asam urat ditangan dan kaki

Mencegah Asam Urat - Gout /Pirai atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam urat, adalah salah satu bentuk dari artritis (atau radang sendi). Gejala umumnya adalah nyeri yang tiba-tiba,  pembengkakan, rasa panas dan kaku pada daerah sendi, terutama pada ibu jari kaki, pergelangan kaki dan lutut. Penyakit ini lebih sering menyerang laki-laki.

Asam urat disebabkan oleh adanya kristal urat yang bertumpuk di persendian sehingga menyebabkan pembengkakan dan kristal urat tersebut terbentuk akibat tingginya kadar asam didalam darah.

Tubuh memproduksi asam, dalam bentuk purin, zat alami yang dapat ditemukan pada tubuh dan beberapa jenis makanan, misalnya daging jeroan, asparagus dan jamur.

Untuk pengobatan, biasanya dokter akan memberikan obat anti peradangan misalnya ibuprofen atau kolkisin yang dapat membantu mengurangi nyeri asam urat. Dapat pula dengan allopurinol yang berfungsi untuk menghambat pembentukan asam dalam darah. Obat asam urat tersebut dapat dibeli di apotek dengan resep dokter.

Sebagai langkah pencegahan penyakit asam urat :

  • Harus membatasi konsumsi alkohol.
  • Banyak minum air putih dan mengurangi minuman manis.
  • Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, membatasi konsumsi daging dan ayam, dalam hal ini, sumber protein dapat diganti dengan susu rendah lemak.
  • Menjaga berat badan dan turunkan berat badan jika berlebih.

Jika tidak dirawat dengan baik, asam urat dapat membahayakan sendi, tendon dan jaringan lainnya bahkan resiko batu ginjal.

Mencegah Asam Urat | Admin | 4.5