Manfaat Minyak Ikan Buat Burung

Manfaat minyak ikan buat burung - Kondisi fisik memiliki pengaruh yang kuat terhadap performa kicauan burung. Misalkan saja bulu, bulu berfungsi vital bagi burung yaitu sebagai penyeimbang suhu tubuh, sebagai kosmetik dan sebagai body protector. Dan sudah terbukti bahwa burung yang mempunyai bulu bagus lebih pintar berkicau dari pada burung yang mempunyai bulu kusam dan rontok. Bulu kusam, rusak, atau tidak rapi biasanya bermula dari proses mabung yang tidak sempurna. Terapi minyak ikan bisa diterapkan saat bulu baru mulai tumbuh selepas ngurak.

Terapi minyak ikan bisa diberikan kesemua jenis burung. Pada mulanya terapi ini banyak yang menerapkan pada burung perkutut. Pada dasarnya tidak ada beda perlakuan antara burung perkutut dengan burung jenis lainnya dalam hal terapi minyak ikan ini. Terapi ini tidak ada efek sampingnya, bahkan membuat bulu burung berkilau dan indah. Berikut ini manfaat minyak ikan buat burung

Manfaat dan khasiat minyak ikan buat burung antara lain :

Minyak ikan sebagai terapi pengobatan

Terapi diterapkan pada burung yang bulu-bulunya rusak, kusam, dan tidak rapi, di mana itu terjadi sebelum mabung. Dalam hal ini, Anda mesti sabar menunggu burung mulai rontok bulu dulu. Biarkan proses rontok bulu berjalan secara alami, tidak perlu dilakukan pemaksaan seperti cabut bulu. Terapi dimulai dapat dimulai ketika masa nguraknya selesai, atau seluruh bulu sudah ambrol, dan bulu-bulu jarum mulai tumbuh.

Minyak ikan sebagai terapi pencegahan

Terapi ini juga bisa digunakan untuk burung yang bulu-bulunya normal. Namun, burung yang semula bulunya normal, bisa saja mengalami permasalahan ketika masa mabungnya selesai. Bulu-bulu yang baru tumbuh ternyata tidak normal, rusak, kusam, atau tidak rapi. Hal seperti ini sering dialami para kicaumania, termasuk pemilik murai batu. Jadi, terapi ini bisa digunakan untuk pencegahan atau memastikan agar bulu baru tumbuh sempurna, mulus, mengkilat, dan rapi.

Diterapkan sampai bulu tumbuh sempurna

Terapi ini baru dimulai jika burung selesai masa ngurak, dan mulailah tumbuh bulu-bulu jarum. Untuk burung yang biasa makan jangkrik, minyak ikan disemprotkann ke tubuh jangkrik.

Porsi jangkrik sesuai dengan jenis burung dan kebiasaannya selama. Misalnya anis merah bisa diberi 3 ekor jangkrik. Maka, ketiga jangkrik itu disemprotkan dulu dengan minyak ikan sebelum diberikan kepada burung di pagi hari.

Minyak ikan yang digunakan bisa berasal dari kapsul bening yang banyak dijual di apotek, atau boleh juga membeli yang botolan. Perbandingan minyak ikan dan jangkrik adalah dua banding tiga. Apabila bobot seekor jangkrik 0,5 gram, maka minyak ikan yang digunakan cukup 0,4 ml. Kalau tiga ekor jangkrik, berarti jumlah minyak ikan yang digunakan hanya 1,2 ml.

Minyak ikan untuk memuluskan bulu burung

Minyak ikan berguna untuk regenerasi bulu burung. Jadi bulu burung yang sudah lama dan rapuh akan tergantikan dengan bulu baru yang lebih sempurna daripada bulu sebelumnya. Minyak ikan akan memberikan nutrisi bagi pertumbuhan bulu baru.

Cara penggunaan minyak ikan adalah

Terapi minyak ikan ini cukup dilakukan sehari sekali, misalnya pagi hari saja, namun diberikan secara terus-menerus hingga bulu-bulunya tumbuh sempurna. Hasilnya, bulu-bulu akan mengkilap, bersih, mulus, dan selalu tertata rapi

Manfaat Minyak Ikan Buat Burung | Admin | 4.5