Gejala Wasir, Ambeyen ( Hemoroid )

Gatal di anus merupakan gejala wasir

Gatal di anus merupakan gejala wasir

Gejala Wasir, Ambeyen ( Hemoroid ) - Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia. Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.

Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk bekuan darah. Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bukan gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.
Wasir menurut tingkat keparahannya dibagi grade 4 yaitu :
Grade I : Keluar darah segar dari anus saat berak, gatal pada anus setiap saat, perasaan tidak nyaman di anus saat duduk, kadang disertai nyeri saat duduk
Grade II : Keluar daging atau benjolan saat berak. Tapi benjolan tadi bisa masuk sendiri setelah berak
Grade III : Keluar benjolan saat berak. Tapi tidak bisa masuk sendiri, dan harus dengan bantuan tangan untuk memasukkannya
Grade IV : Keluar benjolan secara terus menerus. Tidak bisa masuk ke anus walaupun sudah dimasukkan dengan bantuan tangan.

Diagnosa
Diagnosis wasir yang membengkak dan terasa nyeri ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah anus dan rektum. Untuk keadaan yang lebih serius, misalnya tumor, bisa dibantu dengan pemeriksaan anoskopi dan sigmoidoskopi.

Gejala Wasir, Ambeyen ( Hemoroid ) | Admin | 4.5