Gejala Cacingan

Gejala cacingan

Gejala cacingan

Gejala Cacingan – Cacingan merupakan masalah serius pada anak- anak dan dewasa. Cacing perut (usus) bisa menyerang siapa saja bahkan tanpa disadari cacing telah berkembang biak di usus dan organ yang lain. Cacing ini sebagai penyebab suatu infeksi parasit yang terutama menyerang anak-anak cacing ini tumbuh dan berkembang biak di dalam usus. Cacing yang sering menyerang anak- anak adalah cacing kremi. (Enterobius vermikularis / Oxyuris vermikularis). Cacing dewasa akan tinggal di usus besar. Cacing betina yang akan bertelur dengan cara meninggalkan usus besar menuju anus yang merupakan tempat bertelur yang paling ideal. Saat inilah si anak akan menangis karena lubang anusnya gatal. Secara kasat mata, cacing ini akan terlihat sebesar parutan kelapa disekitar lubang anus. Mitos orang kuno, apabila anak makan parutan kelapa akan timbul cacingan, ini merupakan salah kaprah. Memang benar cacing kremi sebesar parutan kelapa dan bergerombol tapi bukan karena memakan parutan kelapa yang menyebabkan cacingan.

BENTUK CACING KREMI

Cacing kremi betina berukuran 8-13 mm x 0,44 mm dengan ekor panjang dan runcing sedangkan cacing kremi jantan berukuran 2-5 mm dengan ekor melingkar

Cacing kremi

Cacing kremi

SIKLUS HIDUP CACING KREMI

Telur cacing Kremi yang tertelan oleh manusia akan menetas dalam usus kecil dan bergerak turun ke usus besar. Di sana cacing  kremi melekat pada dinding usus dan makan. Ketika mereka siap bertelur, cacing pindah dan bertelur pada kulit berlipat di sekitar dubur. Saat itulah Anda mungkin curiga terkena cacingan karena merasakan gatal-gatal di sekitar anus (pruritus) yang biasanya lebih intens di malam hari. Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan dari menelan telur cacing ke merasakan gatal-gatal di anus. Cacing kremi dewasa berukuran 3-10 mm sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang. Seekor cacing kremi betina yang hamil (dapat mengandung 11.000-15.000 telur). Telur cacing kremi dapat bertahan hidup hingga tiga minggu. Karena bentuknya yang sangat kecil, Anda tidak dapat melihatnya sehingga bisa tanpa sengaja tertulari ketika menggunakan baju, kasur, bantal, mainan anak, uang kertas, peralatan makan, atau peralatan mandi/toilet. Telur cacing kremi yang menempel pada benda-benda itu bisa saja masuk ke mulut Anda melalui makanan yang termakan. Siklus ini berulang terus menerus dan dapat menyebar dari 1 penderita ke orang lain.

Gejala cacingan antara lain :

  • Gatal di anus pada malam hari
  • Anak kurang nafsu makan
  • Anak cenderung rewel
  • Sering timbul biduran ( gatal-gatal) menjelang magrib
  • Rambut merah dan mudah dicabut
  • Badan kurus kering
  • Mencret dan gangguan pencernaan
  • Perut membuncit
  • Bahkan bisa menimbulkan anemia kronis
Gejala Cacingan | Admin | 4.5