Cara Tune Up Mobil (Sendiri)

Tune Up Mobil

Tune Up Mobil

Cara tune up Mobil sendiri – Tanda-tanda mobil perlu tune up adalah jika mesin tidak bisa stabil ketika posisi netral (idle), sedikit-sedikit mati atau mesin terdengar pincang. Peralatan tune up yang dibutuhkan adalah alat pelepas busi. Busi yang anda lepas, bagian bawahnya biasanya berwarna hitam. Nah kita perlu sikat kawat untuk kemudian kita sikatkan pada busi yang hitam. Jika anda ingin pakai amplas, silahkan. Jika kita ingin menggantinya, bawalah contoh busi anda. Busi terlihat sama semua, tetapi mereka berbeda. Kita perlu cermat.

Cara tune up mobil sendiri

Cara tune up mobil sendiri

Setelah itu kita buka saringan udara, dan kemudian nyalakan mesin. Gas kita naikan menggunakan kait yang ada di karburator (untuk tepatnya pertama kita harus ke benkel dan amati caranya)/ Ketika mesin kita gas, semprotkan pembersih, karburator cleaner pada karburator. Targetnya adalah celah-celah kecil. Gunakan pipa kecil yang disediakan oleh karburator cleaner. Terus kita semprotkan secukupnya sambil kita gas mobil kita meraung-raung.
Selanjutnya kita menentukan standar gas pas kondisi netral. Biasanya RPM 800 sampai 1000. Cara menstandarkan adalah dengan menggunakan obeng, dicari pemutarnya di karburator. Untuk hal ini, kita perlu belajar dulu dengan montir di bengel. Saringan udara kemudian kita bersihkan. Bisa menggunakan sikat gigi bisa juga menggunakan penyedot debu. Setelah selesai kita tutup kembali karburator.

 

Cara Tune Up Mobil (Sendiri) | Admin | 4.5