Cara service radiator mobil

Radiator mobil

Radiator mobil

Cara service radiator mobil – Service yang kita dapat lakukan sendiri dirumah adalah kuras air radiator. Menguras air radiator secara rutin, sebulan sekali atau sebulan dua kali, akan membuat mesin mobil kita adem untuk waktu yang lama.
Kita harus hati-hati ketika membuka tutup radiator. Sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum dinyalakan. Karena hawatir tekanan air panas jika baru dimatikan setelah dinyalakan. Air panas akan menyembur ke atas. Jika terpaksa membuka gunakan kain basah, putar perlahan tetapi jangan dibuka dulu/jangan diangkat dulu. Biarkan tekanan berkurang. Setelah dirasa adem baru dibuka.
Tutup radiator bagian bawah selanjutnya kita buka. Biarkan air mengalir keluar sampai habis. Kemudian kita kuras dengan cara memasukan air ke radiator sampai terbuang kembali. Setelah dirasa cukup tutup kembali lobang radiator bawah. Lubang radiator ini ada yang dibawah dan ada juga yang disamping. Identifikasi dulu sebelum melakukan tindakan.

Coolant

Coolant

Untuk mobil lama sebaiknya menggunakan air biasa. Ada juga yang menggunakan air aki, tetapi air aki sifatnya cepat panas dan cepat menguap tetapi memang dia tidak membawa karat sehingga radiator tidak tersumbat. Cuma penggunakan air aki untuk radiator cukup boros karena ya itu cepat menguap. Yang standar pakai air biasa. Mobil baru menggunakan Coolant. Mobil lama sebaiknya menghindari coolant karena kawatir membawa karat dan kemudian menyumbat radiator. Jika radiator tersumbat akan mengakibatkan suhu mesin meningkat dan mengakibatkan overheating

Cara service radiator mobil | Admin | 4.5