Cara Merawat Tali Pusat

Cara Merawat Tali Pusat - Setelah tali pusar bayi dipotong, sebagian jaringannya masih melekat pada perut bayi Anda. Jaringan yang tersisa tersebut, akan mengering, mengkerut dan lepas dengan sendirinya, dalam satu hingga dua minggu dari kelahirannya. Selama dalam masa tersebut, sangat penting untuk menjaga agar tali pusar tetap kering, bersih dan tidak terinfeksi. Bersihkan tali pusarnya setidaknya satu kali dalam sehari dan jika diperlukan, misalnya, tali pusarnya terkena kotoran saat Anda sedang mengganti popok.

Berikut ini tips Cara Merawat Tali Pusat :

Cukup gunakan kapas.
Celupkan kapas pada air hangat yang sudah dicampur dengan sabun khusus bayi, peras sedikit airnya. Kemudian usapkan perlahan disekitar tali pusar. Kemudian keringkan dengan baik. Atau gunakan alkohol.
Jika dokter Anda menyarankan penggunaan alkohol, oleskan terlebih dahulu pelembab disekitar tali pusar bayi, baru kemudian usapkan alkohol. Hal ini untuk menghindari efek negatif pada kulit bayi yang masih sensitif.
Pakaikan popok bayi dibawah tali pusarnya.
Jika dirasa sangat panjang, Anda dapat memotong sedikit bagian atas popok. Hal ini juga baik untuk menghindari kotoran atau air seni bayi mengenai tali pusarnya yang dapat menyebabkan iritasi.
Terus bersihkan hingga tali pusar lepas dan bekas lukanya benar-benar sembuh. Pengeringan dengan baik akan mempercepat penyembuhan luka pada tali pusar.

Segera periksakan kondisi bayi Anda kedokter jika :

Tali pusar belum juga sembuh setelah dua minggu.
Bayi menangis (kesakitan) saat Anda sedang membersihkan lukanya.
Terdapat gejala-gejala infeksi. Yaitu, terdapat nanah disekitar tali pusar, bagian dasar pusar kemerahan atau berair beberapa hari setelah tali pusar lepas dan demam.
Infeksi bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri pada bayi Anda. Mudah bukan bagaimana Cara Merawat Tali Pusat.

Cara Merawat Tali Pusat | Admin | 4.5