Cara Mengontrol Gula Darah

Cara Mengontrol Gula Darah - Mengontrol kadar gula darah adalah wajib, terutama bagi penderita diabetes. Karena, jika tidak dijaga, dapat mempengaruhi kesehatan hampir di semua bagian tubuh dan sistem. Dengan pemeriksaan gula darah regular dapat mecegah terjadinya komplikasi diabetes. Apabila pasien tidak mengerti bagaimana Cara Mengontrol Gula Darah, maka resiko komplikasi dari Diabetes Melitus akan semakin besar. Berikut ini faktor resiko yang akan terjadi bila gula darah tidak terkontrol :

Penyakit kardiovaskular dan stroke.
Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang paling umum di derita oleh penderita diabetes, misalnya serangan jantung, stroke, angina (nyeri pada dada, dikenal sebagai angin duduk) dan arteri koroner (penyumbatan arteri). Diabetes meningkatkan resiko terkena serangan jantung atau stroke hingga dua sampai empat kali lipat.

Hipertensi.
Diabetes juga meningkatkan resiko seseorang terkena hipertensi. Hipertensi kemudian meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, gangguan ginjal dan mata.

Kolesterol tinggi.
Diabetes yang tidak dijaga, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Umumnya mengenai penderita diabetes tipe 2.

Kebutaan.
Tingginya kadar gula dapat merusak saraf mata sehingga dapat menyebabkan pandangan kabur, glaucoma, katarak bahkan kebutaan.

Diabetik neuropati.
Atau kerusakan saraf. Saraf yang rusak biasanya pada pendengaran, penglihatan dan perasa. Kerusakan tersebut dapat membuat penderitanya tidak dapat merasakan nyeri (termasuk jika ada luka), panas atau dingin. Diabetes tipe ini juga bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan organ reproduksi (bagi pria).

Gangguan ginjal.
Diabetes dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Penyakit kulit.
Diabetes dapat menimbulkan bisul, gatal dan kulit mudah terinfeksi jamur. Luka tersebut umumnya akan sulit sembuh.

Demikianlah  informasi mengenai Cara Mengontrol Gula Darah, agar kita selalu waspada akan bahaya komplikasinya. Semoga bermanfaat.

Cara Mengontrol Gula Darah | Admin | 4.5