Cara Mengontrol Diabetes Melitus

Cara mengontrol diabetes melitus

Cara mengontrol diabetes melitus

Sebenarnya penyakit Diabetes Melitus tidak berbahaya, asalkan pasien konsisten dan rutin kontrol ke dokter, selalu menjaga pola makan dan pola istirahat yang benar. Diabetes adalah penyakit yang tidak boleh dianggap enteng, berikut tips Cara Mengontrol Diabetes Melitus dan kiat- kiat untuk mencegah komplikasi dari diabetes, yaitu :

Diet seimbang.
Konsultasikan dengan dokter mengenai takaran diet yang sesuai dengan kondisi Anda, karena penderita diabetes memiliki takaran diet sendiri (terutama mengenai asupan gula).

Aktivitas fisik.
Disarankan, Anda untuk melakukan olahraga setidaknya tiga sampai empat kali per minggu, masing-masing duapuluh sampai dengan empatpuluh menit. Karena dengan kegiatan fisik yang teratur, dapat membantu menormalkan kadar gula darah, menjaga berat badan dan baik untuk mencegah penyakit jantung. Jika sebelumnya Anda jarang berolahraga, mulailah dari waktu yang minimal dulu.

Tidur.
Jam tidur yang teratur dan mencukupi dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Wajib berhenti merokok.
Karena merokok dapat menyebabkan pembuluh darah besar maupun kecil menjadi mengeras dan menyempit, sehingga membuat aliran darah terganggu. Sedangkan penyakit diabetes itu sendiri sudah meningkatkan risiko penyakit berbahaya lainnya seperti kerusakan saraf dan stroke. Hal ini akan memperparah penyakit Anda.

Kelola stress dengan baik.
Perhatikan kesehatan kulit Anda.
Terutama pada kaki, lakukan pemeriksaan setiap hari untuk melihat kemungkinan adanya luka, kulit yang pecah-pecah atau pembengkakan. Rutinlah menggunakan pelembab dan alas kaki.

Pemeriksaan rutin.
Segera konsultasikan dengan dokter jika ada luka, tanda-tanda terjadi infeksi, demam atau muntah. Lakukan pemeriksaan kadar gula darah setiap tiga bulan sekali. Baik gula darah puasa maupun gula darah sewaktu.

Periksa mata Anda.
Lakukan pemeriksaan mata setiap satu tahun sekali, karena penderita diabetes beresiko mengalami gangguan penglihatan, bahkan kebutaan akibat rusaknya syaraf.

Lakukan pemeriksaan kolesterol dan trigliserida setiap satu tahun sekali.
Pantauan kolesterol total dan trigliserid sangat penting. Karena penderita diabetes kemungkinan bisa menyebabkan hiperlipidemi dan obesitas.

Lakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali.
Jika tidak dirawat dengan baik dan segera, diabetes dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf, disfungsi ereksi, vagina terasa kering, kerusakan ginjal, penyakit jantung dan stroke.

Cara Mengontrol Diabetes Melitus | Admin | 4.5