Cara Mengobati Prostat Hiperplasi

Cara mengobati prostat

Cara mengobati prostat

Cara Mengobati Prostat Hiperplasi : Untuk pengobatannya, tidak semua pasien BPH (Benigna Prostate Hiperplasi) perlu menjalani tindakan medis. Kadang-kadang mereka yang mengeluh ringan dapat sembuh sendiri tanpa mendapatkan terapi apa pun. Tetapi di antara mereka akhirnya ada yang membutuhkan terapi obat-obatan atau tindakan medis lainnya karena keluhannya semakin parah.

Ada beberapa pilihan terapi pasien BPH, di antaranya observasi bagi penderita yang tanpa keluhan sampai keluhan ringan, obat-obatan yang berfungsi mengurangi hambatan di leher kandung kemih sehingga bisa memperlancar saat berkemih, ada obat yang bekerja secara hormonal dan berfungsi mengurangi volume prostat. Selain kedua jenis obat tersebut, ada juga terapi dengan fitotherapy/jamu-jamuan yang mekanismenya belum jelas.

Adapaun cara mengobati Prostate Hiperplasi melalui pengobatan ( medicamentosa) secara medis sebagai berikut :

  • Alfa 1 – Blocker. Cara kerja obat ini yaitu mengendurkan (relaksasi) otot- otot (muscle relaxan) pada kandung kemih sehingga saluran kemih agak terbuka dan penderita bisa kencing
  • Obat golongan Fanasteride. Cara kerja obat ini yaitu menghambat pembentukan hormon androgenyang menyebabkan pembesaran prosatat sehingga dapat memperkecil ukuran prostat. Obat ini menyebabkan meningkatnya laju aliran kemih dan mengurangi gejala. Biasanya memperlukan waktu yang lama ( 3- 6 bulan) sampai terjadi perbaikan yang signifikan. Efek samping obat ini bisa mengurangi libido dan bahkan bisa impotensi
  • Pemberian antibiotik. Antibiotik diberikan bila sudah ada infeksi sekunder, misalnya kencing sedikit- sedikit tapi sering, disertai demam.

Pembedahan

Pembedahan biasanya dilakukan apabila penderita :

1. Inkontinensasi uri ( sulit kencing)

2. Hematuria ( kencing darah)

3. Retensio Uri ( air kencing tertahan di dalam kandung kemih)

4. Infeksi saluran kencing berulang

Bagi penderita BPH yang sudah menimbulkan penyulit tertentu, seperti batu saluran kemih, kencing berdarah, infeksi saluran kemih atau setelah mendapatkan terapi obat-obatan tidak menunjukkan perbaikan hendaknya dilakukan operasi.

Cara Mengobati Prostat Hiperplasi | Admin | 4.5