Cara Mengganti Oli Mobil

Cara mengganti oli mobil

Cara mengganti oli mobil

Cara Mengganti Oli Mobil – Ganti oli mesin untuk mobil bekas adalah setiap 3000 km, sedangkan untuk mobil baru 5000km. Bengkel biasanya menuliskan di label untuk 5000km setelahnya harus ganti oli. Kita sebagai pemilik mobil bekas sebaiknya setiap 3000km karena biasanya oli lebih udah hitam. Apalagi jika belum pernah turun mesin.

Tutup oli atas

Tutup oli atas

Cara berlatihnya adalah amati yang dilakukan montir bengkel ketika ganti oli kemudian cobalah sendiri di rumah untuk penggantian berikutnya. Pertama kita harus membuka sekrup untuk lobang bawah mesin. Selanjutnya membuka tutup mesin atas. Yang harus diperhatikan adalah sediakan tempat untuk menampung oli bekas, terus jangan sembarang membuangnya karena itu limbah.

tutup oli bawah

Saya membuang oli bekas di bengkel terdekat, biasanya disediakan tong besar, tetapi jangan lupa minta izin. Mereka biasanya mengumpulkan, dan menjualnya. Selanjutnya tunggu sampai oli habis semua. Tutup kembali lobang bawah mesin dan kemudian masukan oli baru dengan menggunakan corong silinder.

Untuk perawatan selanjutnya kita bisa mengecek dengan mencabut alat cek oli (seperti lidi) dan melihat ujung nya apakah masih (dalam batas tertentu) atau berkurang, apakah sudah hitam atau masih bening. Jika kurang tambahkan lagi oli.

Karena kita tidak punya pompa angin tekanan tinggi, setiap tiga kali, sebaiknya kita ke bengkel agar supaya mesin dapat dibersihkan dengan pompa itu, dan juga perlu mengganti saringan oli.

Cara Mengganti Oli Mobil | Admin | 4.5