Cara Mencegah Flu

cara mencegah flu

cara mencegah flu

Cara Mencegah Flu – Flu adalah salah satu penyakit yang sering kali kita alami, terutama saat musim hujan tiba. Flu diakibatkan oleh virus Influenza yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan menyebabkan tersumbatnya saluran pernafasan, karena lendir dan membesarnya konka.

Cara mencegah flu tidaklah sulit untuk dilakukan, tinggal bagaimana kita mau melakukannya agar terhindar dari flu. Berikut ini beberapa cara mencegah flu sebagai berikut :

Rutin untuk  jogging

Jogging adalah aktivitas yang dapat mencegah flu, jogging setiap pagi atau sore juga bisa menambah daya tahan tubuh Anda dari virus yang mudah masuk. Keringat yang Anda keluarkan saat jogging juga akan membantu tubuh dalam proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Latihan kardiovaskular

Latihan semacam ini merupakan bentuk latihan yang dapat meningkatkan detak jantung dan membuat anda berkeringat. Minimal latihan kardiovaskular dilakukan selama 20 menit sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Latihan kardiovaskular ideal adalah latihan yang dimulai dengan lima hingga sepuluh menit pemanasan sehingga secara perlahan meningkatkan detak jantung Anda. Dilanjutkan dengan latihan selama 20 menit atau lebih dengan jenis latihan seperti treadmill, aerobik, atau berjalan.

Konsumsi vitamin C yang cukup

Vitamin C berfungsi sebagai menambah daya tahan tubuh seseorang agar terhindar dari serangan flu. Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin C, Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau, jeruk, jambu, pepaya, atau beragam buah beri.

Relaksasi

Sempatkan waktu anda untuk relaksasi, seperti istirahat sambil minum teh atau kopi, anda juga bisa besantai agar tubuh anda tidak terlalu lelah dan mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh anda.

Rajin mencuci tangan

Salah satu yang paling dianjurkan, Tangan merupakan sarang virus dan bakteri yang paling dekat. Untuk itu, pastikan setelah beranjak ke kamar mandi atau keluar rumah, Anda mencuci tangan dengan sabun. Kemudian keringkan dengan handuk bersih. Tidak hanya mencegah anda dari flu juga dari berbagai penyakit seperti diare atau penyakit lainnya.

Cukup tidur

Tidur yang cukup, Kekurangan tidur dapat menghambat kemampuan dari sistem kekebalan tubuh. Faktanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Carnegie Mellon di 2009 menemukan bahwa, seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, memiliki risiko terserang flu yang mencapai tiga kali lebih tinggi dibanding mereka dengan waktu tidur yang cukup, oleh karena itu usahakan porsi tidur anda cukup dalam sehari agar daya tahan tubuh anda selalu terjaga.

Seperti yang kita ketahui, mencegah lebih baik dari pada mengobati, sebelum terserang flu sebaiknya anda menerapkan beberapa Cara mencegah flu tersebut. semoga bermanfaat.

Cara Mencegah Flu | Admin | 4.5