Cara Membuat Manisan Rumput Laut

Manisan rumput laut dan cara membuatnya

Manisan rumput laut dan cara membuatnya

Cara membuat manisan rumput laut - Pada umumnya manisan terbuat dari buah – buahan, dan terdiri dari manisan basah dan kering. Namun, baik manisan basah maupun kering bentuknya harus menarik dan rasa yang disukai konsumen. Pembuatan manisan rumput laut pada dasarnya sama dengan pembuatan manisan buah. Jenis rumput laut yang dipakai yakni jenis Eucheuma cottoni.
Bahan :
500 gram rumput laut
250 ml air
250 gram gula pasir
50 ml putih telur
5 gram asam sitrat
5 gram sodium benzoat
1 gram vanili 1%
Pewarna

Cara membuat manisan rumput laut sebagai berikut :
Proses Pembersihan
Untuk membuat manisan rumput laut, ada beberapa tahap proses yang harus dilakukan yaitu Pencucian, Perendaman dan Pengolahan. Sebelum direndam, rumput laut dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rumput laut. Setelah itu rumput laut kering direndam dalam air tawar sebanyak 10 kali berat rumput laut (sampai rumput laut direndam semua didalam air). Setiap 12 jam sekali air tawar diganti.

Penambahan air saat perendam menjadi 2 kali lipat perlu dilakukan karena terjadi pengembangan volume akibat penyerapan air oleh rumput kering. Perendaman dilakukan 2 atau 3 hari sampai tekstur ramput laut tersebut agak lunak, tidak amis, dan berwarna putih. Setelah direndam dalam air tawar rumput laut akan mengembang hingga 5-6 kali berat rumput laut keringnya. Selanjutnya dilakukan perendam dalam air tawas atau kapur sirih 1% selama 1 jam. Selain ini dimaksudkan agar rumput laut lebih aseptis dan bebas kuman.

Selanjutnya dilakukan beberapa tahap sebagai berikut :

  1. Rumput laut yang telah dicuci dan ditiriskan dipotong – potong dengan ukuran panjang 3-5 cm.
  2. Siapkan larutan gula dengan perbandingan gula dan air 1:1 untuk mendapatkan larutan yang bersih, selama perebusan dapat dibersihkan putih telur.
  3. Setelah mendidih, saring larutan gula dengan menggunakan kain saring, lalu dinginkan.
  4. Masukkan rumput laut ke dalam larutan air gula dingin dengan perbandingan air gula dan rumput laut 1:2, asam sitrat 0,5% dan sodium benzoate 0,1-0,2% serta pasta/penawaran aroma 1 %.
  5. Rendam rumput laut dalam larutan gula selama 1 hari sampai gula meresap kedalam rumput laut dan konsentrasi gula cukup tinggi.
  6. Masukkan manisan rumput laut ke dalam wadah tertutup.
  7. Simpan manisan rumput laut didalam lemari pendingin agar rasanya lebih segar.

Demikianlah tips cara membuat manisan rumput laut. Semoga bermanfaat

Cara Membuat Manisan Rumput Laut | Admin | 4.5