Cara Membersihkan Rumput Laut

Tips membersihkan rumput laut

Tips membersihkan rumput laut

Cara membersihkan rumput laut - Rumput laut sangat banyak manfaatnya, sering digunakan untuk bahan olhan makanan dan minuman. Sebelum diolah sebaiknya dibersihkan dulu, ada beberapa tahap proses yang harus dilakukan yaitu Pencucian, Perendaman dan Pengolahan. Berikut ini cara membersihkan rumput laut :

  1. Dicuci dengan  air yang bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada rumput laut
  2. Kemudian di rendam dalam air tawar sebanyak 10 kali berat rumput laut (sampai rumput laut terendam semua didalam air). Setiap 12 jam sekali air tawar diganti. Selama 2- 3 hari
  3. Penambahan air saat perendam menjadi 2 kali lipat perlu dilakukan karena terjadi pengembangan volume akibat penyerapan air oleh rumput kering.
  4. Perendaman dilakukan 2 atau 3 hari sampai tekstur ramput laut tersebut agak lunak, tidak amis, dan berwarna putih. Setelah direndam dalam air tawar rumput laut akan mengembang hingga 5-6 kali berat rumput laut keringnya.
  5. Selanjutnya dilakukan perendam dalam air tawas atau kapur sirih 1% selama 1 jam. Selain ini dimaksudkan agar rumput laut lebih aseptis dan bebas kuman.

Demikianlah tips cara membersihkan rumput laut. Selamat mencoba

Cara Membersihkan Rumput Laut | Admin | 4.5