Cara Membersihkan Kolang Kaling

Cara membersihkan kolang kaling – Kolang kaling merupakan bahan makanan asli indonesia. Sangat banyak variasi makanan dan minuman segar dari bahan kolang kaling itu sendiri. Kolang kaling merupakan salah satu makanan yang banyak digemari saat bulan Ramadhan tiba. Kolang kaling biasanya disajikan dalam bentuk es sebagai menu buka puasa.

Kolang-kaling ini berasal dari biji buah dari Pohon Aren. Setelah diproses dan dimasak, akan dihasilkan biji kolang-kaling berwarna putih, kenyal dan segar.

Cara memilih kolang kaling
Untuk mendapatkan kolang kaling yang empuk dan enak setelah diolah, pilihlah kolang kaling yang masih muda. Ciri-ciri kolang kaling yang masih muda yaitu bentuknya pipih, lebar dan tipis serta putih agak transparan warnanya. Rasanya empuk dan sedikit agak kenyal.

Cara menghilangkan bau asam kolang kaling
Jika kolang kaling yang anda beli baunya agak asam, coba rendam kolang-kaling dengan air kapur sirih selama 30- 60 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih hingga kesat.

Cara membersihkan kolang kaling yaitu Kolang kaling yang berlendir ini biasanya karena kolang kaling direndam dengan air mentah. Untuk menghilangkan lendirnya, cukup dengan cara mencuci kolang kaling beberapa kali dengan air bersih kemudian tiriskan. Jika masih berlendir maka bersihkan dengan daun bambu. Caranya, ambillah daun bambu secukupnya kemudian daun tersebut kita gunakan untuk mencuci Kolang Kaling. Kita gosok kolang kaling sampai lendirnya hilang. Dijamin lendir kolang kaling akan bersih dan siap kita olah.
Semoga tips cara membersihkan kolang kaling bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba

Cara Membersihkan Kolang Kaling | Admin | 4.5