Cara Memandikan Bayi

cara memandikan bayi

cara memandikan bayi

Cara Memandikan Bayi - Membawa bayi Anda pulang ke rumah untuk pertama kalinya, apalagi untuk orang tua baru, mungkin menimbulkan rasa cemas. Saat Anda masih berada dirumah sakit, tentunya ada beberapa orang perawat dan dokter yang siap membantu Anda, misalnya mengajari cara menyusui, mengganti popok atau memandikan bayi, tapi dirumah, Anda harus belajar melakukan semuanya sendiri.

Berikut tips cara memandikan bayi, yang tali pusarnya belum lepas dan bayi yang baru saja disunat :

Cukup letakkan bayi diatas handuk yang cukup tebal, bukan didalam bak mandi.
Bersihkan wajah bayi dengan air hangat.
Tambahkan sabun pada handuk mandi, usap perlahan keseluruh tubuh (kecuali kelaminnya yang baru disunat) kemudian basuh kembali (dengan menggunakan handuk mandi), lalu keringkan badannya dengan hati-hati.
Dengan tangan Anda, basuh kepala bayi, usaplah dengan gerakan memutar, kemudian bilas. Pada bayi yang baru lahir, sampo tidak terlalu dibutuhkan.
Jangan memberikan pelembab pada kulit bayi. Olesi sedikit alkohol pada tali pusar atau disekitar kelamin yang baru disunat, hanya jika disarankan oleh dokter.
Jika tali pusar sudah lepas atau luka sunat sudah benar-benar mengering (sembuh), bayi baru boleh dimandikan seperti biasa, hanya saja, bayi tidak perlu mandi setiap hari, cukup dua atau tiga kali dalam seminggu.

Berikut cara memandikan bayi :

  • Isi bak mandi dengan air kira-kira sedalam lima cm, gunakan air yang hangat dan cek lebih dulu suhunya dengan mencelupkan bagian siku Anda.
  • Bersihkan wajahnya dengan air dan handuk mandi, bersihkan pula mata dan hidungnya.
  • Tambahkan sabun sabun khusus bayi pada handuk mandi, bersihkan seluruh tubuhnya hingga ke bagian-bagian lipatan, termasuk bagian belakang telinga dan sela-sela jari.
  • Basuh kepalanya dengan tangan Anda, tambahkan sampo dan usap dengan gerakan memutar. Kemudian bilas hingga benar-benar bersih.
  • Saat mengangkat tubuh bayi dari bak, sanggahlah bagian bokong dan lehernya.
  • Berikan pelembab khusus kulit bayi jika diperlukan.
  • Sebagai tambahan, sebelum Anda memandikan, letakkan semua peralatan mandinya didekat Anda sehingga Anda mudah menjangkaunya dan pastikan suhu diruang tersebut tidak terlalu dingin.

Demikianlah tips cara memandikan bayi, semoga bermanfaat.

Cara Memandikan Bayi | Admin | 4.5